Senin, 22 Mei 2017

Tindakan untuk Mengurangi Bencana Alam

Tindakan Untuk Mengurangi Bencana

bencana 2
A. Tips yang dapat dilakukan saat terjadi gempa bumi
  1. Bersembunyilah di kolong meja yang kuat, lindungi kepala dengan bantal.
  2. Hindari dekat-dekat dengan kaca.
  3. Berjalanlan dengan tenang saat akan keluar gedung, tunggu hingga gempa berhenti.
  4. Jangan lupa selalu lindungi kepala dengan benda lunak, seperti tas.
  5. Tetap berdoa pada Tuhan untuk memohon pertolongan-Nya.
B. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dari terjadinya letusan gunung berapi . Tindakan tersebut diantaranya:
  1. mencari tahu sistem pengamanan yang berlaku yang ada di daerah masingmasing,
  2. selalu mewaspadai bahaya yang menyertai letusan gunung berapi seperti gempa Bumi, hujan abu, lahar, banjir bandang, longsor, dan tsunami,
  3. senantiasa melakukan perencanaan evakuasi, seperti selalu mempersiapkan baterai, senter, obat-obatan, makanan dan minuman untuk keadaan darurat, masker debu, dan kacamata untuk mengurangi dampak hujan debu,
  4. selalu menyimpan nomor-nomor telepon lembaga tanggap darurat.

C. Berikut ini ada beberapa cara untuk penanggulangan bencana banjir :
      1. Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan               adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari dengan sampah atau                       menjadi     tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan                     selokan menjadi tersumbat.
       2.Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat               menyerap air dengan cepat.Memperbanyak dan menyediakan lahan terbuka untuk                   membuar lahan hijau untuk penyerapan air.
       3.Berhenti membangun perumahan di tepi sungai, karena akan mempersempit sungai                 dan sampah rumah juga akan masuk sungai.
       4.Berhenti membangun gedung-gedung tinggi dan besar, karena akan menyebabkan                 bumi ini akan semakin sulit menahan bebanya dan membuat permukaan tanah turun.
       5.Hindari penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga di bantaran sungai,                 karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir. Sebenarnya menebang                   pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak                           membiarkan hutan menjadi gundul.

Video penanggulangan bencana 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar